6 Warga Pakisjaya Pelaku Pungli Diamankan Polres Karawang

oleh
banner 300250

KARAWANG – SinfoNews.Com

“Mereka memalsukan tiket masuk dengan cara discan dari tiket yang asli, tetapi nominalnya sudah di mark up,” kata Kapolres.

Enam warga Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, harus berurusan denga kepolisian. Pasalnya ke enam warga tersebut melakukan pungutan liar dan pemalsu tiket objek wisata Pantai Tanjungpakis.

Keenam pelaku pungli itu adalah IS, CM, YY, SK, KT dan YD dan barang bukti berupa uang tunai Rp 839 ribu, 93 lembar tiket palsu, dan satu bundel tiket masuk Pantai Tanjungpakis asli, diamankan Satreskrim Polres Karawang

“Keenam pelaku itu terjaring dalam operasi tangkap tangan Polres Karawang,” ujar Kepala Polres setempat, Ajun Komisaris Besar Slamet Waloya, saat melakukan ekspose kasus tersebut.

Menurut Slamet, para pelaku melakukan aksi pungutan liar dengan cara memalsukan tiket tanda masuk. Mereka memungkut uang sebesar Rp 20 ribu per pengunjung. Padahal pungutan resmi yang diberlakukan pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  (Disbudpar) Karawang hanya Rp 10 ribu per pengunjung.

Selanjutnya

“Mereka memalsukan tiket masuk dengan cara discan dari tiket yang asli, tetapi nominalnya sudah di mark up,” kata Kapolres.

Lebih jauh Kapolres Karawang, mengatakan akibat perbuatan mereka, para pengunjung objek wisata Pantai Pakisjaya dirugikan. Sebab, para pengunjung harus membayar lebih mahal tiket masuk, bahkan mencapai dua kali lipat dari harga yang sesui ketentuan.

Selain itu jelas AKBP. Slamet, untuk masuk ke Pantai Tanjungpakis, pengunjung harus melewati empat pintu. Di setiap pintu pengunjung harus membayar sesuai keinginan enam oknum tersbut. “Untuk melalui empat pintu, pengunjung harus mengeluarkan uang Rp 80 ribu. Hal itu sangat merugikan pengunjung,” kata Kapolres.

Ke enam pelaku itu dijerat pa Pasal 263 ayat (2) KUHP dengan hukuman pidana penjara enam tahun.

“Kami berharap penangkapan ini bisa menumbulkan efek jera kepada mereka dan para pelaku pungli lainnya,” ujar Slamet Waloya.#BangSinfo

banner 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *