80 Siswa Antusias Ikuti Sosialisasi Pemilih Pemula Yang Digelar KPUD Karawang

oleh
banner 300250

KARAWANG – SinfoNews.Com

“Berharap tingkat partisipasi pemilih di Kab Karawang mencapai sebesar 77 %.  Diantaranya 20% pemilih pemilih pemula,” ujar Komisioner KPUD Karawang.

80 orang siswa dari 20 perwakilan SMA dan SMK se Kabupaten Karawang dengan antusias mengikuti Sosialisasi Dengan Kelompok Pemilih Pemula dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 yang di gelar oleh Komisi Umum Daerah (KPUD) kab. Karawang.

Acara yang digelar dengan mendatangkan dua Narasumber itu, Drs. Asep Saepudin Komisioner KPU juga Agus Rifai, S.Psi seorang tokoh masayarakat yang juga mantan anggota KPU Kab. Karawang. Jum’at (20/04)

Didepan 80 peserta kelompok pemilih pemula, Drs. Asep Saepusdin Komisioner KPUD Kab. Karawang,  menyampaikan bahwa pemilih pemuda dan pemilih pemula merupakan kelompok pemilih yang sangat diharapkan menjadi pemilih yang  tau betul rekam jejak pasangan calon

“Karena usia ini merupakan usia produktif yang ditandai dengan keingintahuan tinggi. Dan usia produktif tidak mau di belokkan, jadi kelompok mahasiswa merupakan kelompok pemilih

Sementara itu, Agus Rifai, S.Psi menilai pemilih pemula  sebagai pemilih cerdas, karena mereka sangat tau dan mencari tau siapa yang dia pilih. Dan harapannya, kelompok pemilih pemuda dan pemilih pemula bisa menjadi pemilih yang mampu memilah dan memilih.

“Kita berikan pemahaman tentang Politik pada siswa juga simulasi tata cara pemilihan hingga pemungutan suara,”kata Agus Rifai.

Usai memberikan pemaparan kepada kelompok pemilih pemula tentang penting ikut berpartifasi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018, dilanjutkan dengan simulasi cara pemungutan suara. Dalam kegiatan simulasi tersebut peserta sangat antusias dalam mengikuti simulasi, hal tersebut terlihat saat peserta menjadi petugas pemungutan suara dengan sangat gembira, bahkan salah satu gurunya mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut

“Mengingat para siswa selama ini hanya mengetahui informasi dari buku pelajaran, sedangkan dengan kegiatan ini mereka memiliki gambaran pelaksanaan pemungutan suara dengan sebenarnya,” ujar Rudi salah seorang pendamping siswa dari SMK Rosma Karawang.

Asep Saepudin, saat di wawancarai menerangkan, dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar untuk kabupaten Karawang ditarget para pemilih pemula sebanyak 20 persen dari kesuluruhan pemilih yang ada di Kabupaten Karawang.

“Berharap tingkat partisipasi pemilih di Kab Karawang sebesar 77 %.  Diantaranya 20% pemilih pemilih pemula,” ujar Komisioner KPUD Karawang.

Kita terus sosialisasi lanjut Asep Saepudin  untuk meyakinkan masyarakat pentingnya Pemilu bagi perbaikan Jawa Barat ke depan. Kita optimis tingkat partisipasi meningkat.

Untuk meningkatkan partisipasi di kelompok pemilih pemula yang mayoritas pelajar, pihak KPUD Kab. Karawang bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan edukasi pentingnya pemilu bagi anak muda.

Sementara itu perwakilan pemilih pemula dari SMK Rosma Karawang, saat diwawancarai mengatakan bahwa dirinya merasa senang dengan mengikuti kegiatan sosialisasi dan simulasi ini, dimana yang awalnya kami tidak tahu kita lebih faham tentang pemilihan gubernur dan wakil gubenur khususnya Pilgub Jabar 2018.

“Jadi tidak sabar ingin segera melakukan pencoblosan pada Pilgub Jabar 2018,” pungkasnya. #BangSinfo

 

banner 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *