Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Purwasuka-Bekasi

Atraksi Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara Bisa Jaring Ribuan Wisatawan Ke Purwakarta

79
×

Atraksi Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara Bisa Jaring Ribuan Wisatawan Ke Purwakarta

Sebarkan artikel ini
Pertunjukan Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara ada di Purwakarta @2023SINFONEWS.com
Pertunjukan Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara ada di Purwakarta @2023SINFONEWS.com
banner 325x300

Pewarta : RUDI ‘BOY’ RUSYANA | Editor : RYAN S KAHMAN

“Untuk wisata kuliner di Purwakarta ada Car Free Night di sekitar Taman Air Mancur Sri Baduga, yang menjual aneka kuliner tradisional maupun modern. Selain itu ada juga Wanayasa Kuliner Fair yang menawarkan jajanan tradisional khas Purwakarta”

banner 325x300

PURWAKARTA | ATRAKSI wisata “air mancur bergoyang” di Taman Air Mancur Sri Baduga (TAMSB) Situ Buleud, diproyeksikan bisa menjaring ribuan wisatawan datang ke Purwakarta.

Pertunjukan air mancur terbesar di Asia Tenggara itu juga diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif di Purwakarta.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, atraksi air mancur yang akan digelar pada malam ini ( Sabtu, 5/8) dan 12 Agustus 2023 mendatang, merupakan peluang yang harus bisa dimanfaatkan untuk menggerakan perekonomian masyarakat sekaligus roda perekonomian daerah.

“Berbagai atraksi budaya dan pertunjukan air mancur yang sangat indah, akan menjadi daya tarik luar biasa menjaring wisatawan datang ke Purwakarta. Potensi itu harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ini peluang bagi peningkatan ekonomi daerah untuk kesejahteraan rakyat,” kata Bupati Anne Ratna Mustika, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Sebanyak 10.000 pengunjung diperkirakan akan datang menonton pertunjukan air mancur yang disertai berbagai atraksi budaya tersebut.

“Itu bisa menjadi pasar potensial yang bisa dimanfaatkan secara ekonomi. Peluang itu harus ditangkap sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kreatif dan para pelaku UMKM,” kata Bupati Anne.

Selain atraksi wisata pertunjukan Air Mancur Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta juga memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang sangat menarik untuk di kunjungi.

Hingga saat ini  tercatat Kabupaten Purwakarta memiliki 62 destinasi wisata, 30 diantaranya merupakan wisata alam dan buatan. Sedangkan selebihnya meliputi wisata kuliner, wisata religi dan wisata edukasi

Untuk wisata kuliner di Purwakarta ada Car Free Night di sekitar Taman Air Mancur Sri Baduga, yang menjual aneka kuliner tradisional maupun modern. Selain itu ada juga Wanayasa Kuliner Fair yang menawarkan jajanan tradisional khas Purwakarta.

BACA JUGA : Air Mancur Sri Baduga Menari Indah, Puaskan Puluhan Ribu Penonton Berbagai Daerah

Pusat Oleh-Oleh Galeri Menong

Bupati Anne juga menyiapkan pusat oleh-oleh untuk buah tangan para wisatawan. Pusat oleh-oleh yang wajib dikunjungi diantaranya Galeri Menong I yang berada di Jl. Veteran No.134, Ciseureuh dan Galeri Menong II Jl. Ganda Negara No.16, Nagri Tengah.

Kedua galeri itu merupakan pusat oleh-oleh berbagai produk UMK. mulai dari kerajinan tangan, makanan dan minuman kemasan dan lain sebagainya.

“Semua produk khas Kabupaten Purwakarta tersedia lengkap di Galeri Menong. Wisatawan bisa berburu oleh-oleh khas Purwakarta di galeri tersebut.” ujar Bupati Anne.

Sekretaris Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Purwakarta, Eka Sugriana mengatakan, pertunjukan Air Mancur Sri Baduga merupakan sebagai ajang untuk mendorong pemasaran berbagai produk UMKM dan para pelaku ekonomi kreatif di Purwakarta.

Produk-produk unggulan UMKM di Purwakarta diantaranya keramik Plered, Simping Kaum, Kuliner Sate Maranggi, Soto Sadang dan banyak lagi lainnya.

“Berbagai produk unggulan itu kami sediakan di Galeri Menong, mulai dari makanan ringan, siap saji, kerajinan dan lain sebagainya,” kata Eka.

Eka menjelaskan, pertunjukan Air Mancur Sri Baduga yang di jadwalkan berbareng dengan Wisata Kuliner Car Cree Night itu di prediksi akan di kunjungi 10 ribu wisatawan, dan 120 pelaku usaha.

“Besarnya jumlah wisatawan yang datang ke atraksi wisata pertunjukan air mancur itu di harapkan mampu mendongkrak roda perekonomian masyarakat dan perekonomian daerah. Itu peluang besar yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.” kata Eka Sugriana. ***

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *