Belum Berikan Laporan Keuangan 2018, 96 Desa Di Karawang Tidak Bisa Cairkan DD 2019

oleh -53 views
banner 300250

KARAWANG – SINFONEWS.com  

“Pihak DPMD sudah memanggil 96 kepala desa tersebut agar segera menyelesaikan kewajibannya. Surat panggilan disampaikan melalui masing-masing kecamatan di mana desa itu berada

DARI 297 desa yang ada di Kabupaten Karawang, hanya sebanyak 96 desa hingga sampai saat ini belum bisa mencairkan Dana Desa Tahun Anggaran 2019. Penyebabnya 96 desa itu belum mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana desa tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Ade Sudiana, Senin, 13 Mei 2019.

“Belum semua desa di Karawang bisa mencairkan dana desa 2019.  Mereka harus membereskan terlebih dahulu sistem keuangan desa, terutama LPJ dana desa 2018,” ujarnya.

Menurut Ade, pihak DPMD sudah memanggil 96 kepala desa tersebut agar segera menyelesaikan kewajibannya. Surat panggilan disampaikan melalui masing-masing kecamatan di mana desa itu berada.

Dikatakannya, desa yang belum beres menyampaikan LPJ adalah desa yang sedang masa transisi pascapelaksanaan pilkades 2018. Kemungkinan, ada pergantian kepala desa sehingga LPJ penggunaan dana desanya tidak ada yang menyelesaikan.

Akibatnya, Ade menuturkan, dana desa tahun 2019 untuk desa tersebut tidak bisa disalurkan pada tahap pertama. Padahal, dana desa sangat diperlukan untuk mempercepat proses pembangunan tingkat desa.

Penulis : RedSINFO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *