Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Parlementaria

Dana Desa Merupakan Kebijakan Pemerintahan Jokowi, Tingkatkan Pembangunan Pedesaan

0
×

Dana Desa Merupakan Kebijakan Pemerintahan Jokowi, Tingkatkan Pembangunan Pedesaan

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

KARAWANG, SINFONEWS.com

“Dari Dana Desa ini pembangunan desa dapat ditingkatkan sehingga bisa melakukan pemberdayaan ekonomi lokal”

banner 325x300

DEMI mewujudkan Nawa Cita ke-3, yang telah dicanangkan oleh Presiden, Dana Desa mulai gencar dilakukan demi membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI.

Dana Desa yang merupakan kebijakan pemerintahan Jokowi ini pengalokasian  pun tak sembarangan. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kab. Karawang, H. Toto Suripto, SE diruang kerjanya saat di konfirmasi terkait Dana Desa. Kamis (15/11)

“Berdasarkan kebijakan pengalokasian Dana Desa pada APBN 2015-2017, atas capaian yang kini telah diraih, Dana Desa terbagi menjadi 90 persen porsi yang dibagi rata (alokasi dasar) dan 10 persen berdasarkan formula (alokasi formula),” jelas Ketua DPRD Kab. Karawang

Ditambahkannya, Alokasi formula ini terbagi menjadi jumlah penduduk desa sebesar 25 persen, angka kemiskinan desa sebesar 35 persen, luas wilayah desa sebesar 10 persen dan tingkat kesulitan geografi desa sebesar 30 persen.

‘Semua alokasi tersebut bisa digunakan oleh desa dan desa adat, yang ditransfer melalui APBD Kabupaten/Kota dan kemudian dialokasikan kepada setiap desa secara merata dan berkeadilan,” ungkap H. Toto Suripto, SE

Politisi PDI Perjuangan ini, berharap dari Dana Desa ini pembangunan desa dapat ditingkatkan sehingga bisa melakukan pemberdayaan ekonomi lokal, penciptaan akses transportasi lokal ke wilayah pertumbuhan, dan mempercepat pemenuhan infrastruktur dasar.

Hingga pada akhirnya semua tujuan pembangunan kawasan pedesaan seperti mewujudkan kemandirian masyarakat dan menciptakan desa-desa mandiri dan berkelanjutan bisa menjadi kenyataan sehingga martabat, kehidupan dan perekonomian masyarakat desa menjadi lebih baik dan terangkat.

Laporan : BangSinfo

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *