Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Pendidikan

Dedikasi Para Dosen Horizon Karawang Antarkan Para Mahasiswa Menjemput Masa Depan yang Lebih Baik

22
×

Dedikasi Para Dosen Horizon Karawang Antarkan Para Mahasiswa Menjemput Masa Depan yang Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa-Mahasiswi STIKes Horizon Karawang@2023SINFONEWS.com
Mahasiswa-Mahasiswi STIKes Horizon Karawang@2023SINFONEWS.com
banner 325x300

Pewarta : REDAKSI | Editor : RYAN S KAHMAN

“Salah satu hal yang membuat lulusan STMIK Horizon Karawang dianggap memiliki kompetensi tinggi dan sangat cepat terserap pasar kerja menurut Dedih adalah untuk mata kuliah-mata kuliah inti para mahasiswa ditugaskan untuk mengerjakan project case study”

KARAWANG | UPAYA untuk membentuk manusia Indonesia yang global dan memiliki masa depan yang lebih baik lewat  pendidikan bagi kaum muda Indonesia tidak hanya dijalankan oleh Horizon Karawang lewat penyediaan berbagai fasilitas kekinian yang menunjang kenyamanan dan kegiatan perkuliahan/keilmuan. Namun juga lewat dedikasi dan kompetensi para dosen yang dalam menjalankan kurikulum dan mendidik mahasiswa dalam perkuliahan.

banner 325x300

Horizon Karawang telah memiliki reputasi yang kuat dalam menyediakan pendidikan berkualitas. Untuk STIKes Horizon Karawang telah berdiri selama 24 tahun dan terakreditasi “Baik Sekali” oleh LAM-PTKES untuk program studi S1 Keperawatan dan Ners.

Eldawati, M.Kep., Ph.D selaku ketua STIKes Horizon Karawang menjelaskan bahwa lebih dari 50% perawat di RSUD Karawang merupakan lulusan STIKes Horizon Karawang. Karena reputasi STIKes Horizon Karawang pula, ada beberapa institusi Rumah Sakit yang mengadakan rekrutmen langsung di kampus sehingga biasanya sebelum upacara wisuda, para mahasiswa yang sudah lulus tersebut sudah dalam posisi bekerja.

Eldawati menambahkan kompetensi mahasiswa juga terus dikejar misalnya untuk skill laboratorium mahasiswa dengan memiliki laboratorium OSCE (Objective Structural Clinical Evaluation) sendiri dan dosen-dosen penguji yang bersertifikasi nasional. Begitu juga dengan sertifikasi K3 dan Gadar bagi para mahsiswa yang yang sangat diperlukan di Kawasan Industri seperti Karawang.

Reputasi tersebut tentu tak lepas dari dedikasi para dosen untuk selalu bersama para mahsiswa memberikan pendampingan dalam pendidikan. Eldawati menjelaskan bahwa walau disibukkan dengan berbagai urusan sebagai Ketua STIKes Horizon Karawang, namun jiwanya sebagai pendidik tetap membuatnya ingin turun ke bawah. Selain tetap mengajar, Eldawati yang baru saja meraih gelar doktor keperawatan di Lincoln University Malaysia tersebut juga tak segan ikut menguji atau mendampingi langsung para mahasiswa yang menjalankan praktik keperawatan di Rumah Sakit.

“Karena mahasiswa akan lebih mudah untuk meniru dengan melihat langsung apa yang kita contohkan. Di STIKes Horizon kami menekankan penanganan komprehensif tidak hanya memperhatikan unsur biologis karena manusia bukan sekadar organisme namun juga unsur psikologis, sosial, bahkan spiritual. Tiap mahasiswa diajarkan menggali keluhan setiap pasien dengan kemampuan komunikasi dibarengi dengan pengetahuan etika profesi ketika berhadapan dengan pasien maupun keluarganya untuk mengetahui apa yang harus dilakukan untuk membantu penyembuhan pasien,” ujar Eldawati yang sudah mengajar di STIKes Horizon Karawang (dulu bernama STIKes Kharisma) sejak tahun 1998.

BACA JUGA : Polres Karawang Gelar Operasi Pasar Antisipasi Melonjaknya Daging Ayam

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *