Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Pendidikan

Dedikasi Para Dosen Horizon Karawang Antarkan Para Mahasiswa Menjemput Masa Depan yang Lebih Baik

22
×

Dedikasi Para Dosen Horizon Karawang Antarkan Para Mahasiswa Menjemput Masa Depan yang Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa-Mahasiswi STIKes Horizon Karawang@2023SINFONEWS.com
Mahasiswa-Mahasiswi STIKes Horizon Karawang@2023SINFONEWS.com
banner 325x300

Reputasi STMIK Horizon Karawang juga tak kalah kuat. Dalam tracer study atau survey alumni pada tahun 2020 tingkat penyerapan kerja lulusan STMIK Horizon Karawang mencapai 97 %. Dedih, M. Kom salah seorang dosen yang sudah mengajar di STMIK Horizon Karawang sejak tahun 2005 menjelaskan bahwa di dalam bidang keilmuan komputer, perkembangan yang sangat cepat membuat upgrade kemampuan diri bagi para dosen adalah suatu hal yang tak bisa ditawar lagi.

“Jika tidak, bisa kalah dong dengan mahasiswanya,” seloroh pria ramah ini.

banner 325x300

Upgrade kemampuan dosen tersebut memang sangat diperlukan untuk mengawal kurikulum di STMIK Horizon Karawang yang benar-benar disesuaikan dengan kemampuan apa yang diperlukan dalam dunia kerja berdasarkan masukan langsung dari 10 perusahaan terkemuka di Indonesia.

“Selain rutin mengikuti pelatihan-pelatihan, para dosen juga aktif terlibat dalam grup-grup diskusi IT,” sambung Dedih.

Salah satu hal yang membuat lulusan STMIK Horizon Karawang dianggap memiliki kompetensi tinggi dan sangat cepat terserap pasar kerja menurut Dedih adalah untuk mata kuliah-mata kuliah inti para mahasiswa ditugaskan untuk mengerjakan project case study. Dimulai dengan menganalisis kebutuhan di dunia nyata dan mencari solusi apa yang dapat dipecahkan lewat ilmu IT.  Dengan demikian para mahasiswa minimal akan memiliki 8-10 portfolio project yang akan sangat berguna ketika berhadapan dengan para penyedia kerja.

Untuk itu selain kompetensi keilmuwan, integritas dan keuletan para dosen di STMIK Horizon Karawang memang sangat diperlukan untuk selalu bersama mendampingi para mahasiswa demi memaksimalkan potensi mereka. Menurut Dedih, asal ada kemauan ia sering menemukan mahasiswa yang tadinya secara akademik biasa-biasa saja atau bahkan tertatih-tatih, pada akhirnya bisa berkembang.

“Saya rasa semua mahasiswa sebenarnya memiliki potensi. Tinggal bagaimana kita memotivasi mereka. Kita semua sebagai dosen tentu telah terdidik dan memiliki kompetensi dalam bidang pendidikan. Jadi bagaimana cara kita berkomunikasi, mengarahkan dan berperan sebagai fasilitator dalam perkembangan keahlian dan keilmuan para mahasiswa tersebut demi masa depan mereka,” jelas Dedih.

Masih menurut Dedih, untuk mengembangkan potensi para mahasiswa STMIK Horizon Karawang tersebut, maka tahun lalu telah selesai dibangun tiga laboratorium komputer baru dengan perangkat keras dan perangkat lunak terkini. Ketiga laboratorium tersebut dibuat untuk kebutuhan yang berbeda-beda agar mahasiswa bisa memaksimalkan teknologi terbaru dan setara dengan yang ada di industri saat ini, ***

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *