Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Ciayumajakuning

Di Majalengka Pipa Pertamina Bocor, Semburan Minyak Mentah Kotori Sawah Warga

6
×

Di Majalengka Pipa Pertamina Bocor, Semburan Minyak Mentah Kotori Sawah Warga

Sebarkan artikel ini
Salah satu pipa Pertamina yang bocor di atas areal sawah petani di Blok Pucuksawit, Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.@2021SINFONEWS.com
Salah satu pipa Pertamina yang bocor di atas areal sawah petani di Blok Pucuksawit, Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.@2021SINFONEWS.com
banner 325x300

Laporan : REDAKSI  I  Editor : RYAN S KAHMAN

“Akibat kebocoran ini ada pencemaran minyak mentah ke sawah, ini akan merusak areal sawah dan tanaman milik para petani, kalau ditanami juga tidak akan tumbuh,” ucap Nano

SINFONEWS  I  MAJALENGKA-SALURAN pipa milik Pertamina di Blok Pucuksawit, Desa Cidenok, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat bocor.

banner 325x300

Dari pipa muncul semburan minyak mentah mengotori areal sawah penduduk setempat. Pada Minggu, 25 April 2021 siang pipa sudah diperbaiki pihak PT Pertamina.

Kebocoran diduga berasal dari sambungan salah satu pipa dari enam pipa yang terpasang memanjang di atas permukaan sawah, tidak diketahui dari sumur mana pipa tersebut tersambung.  Warga menduga kebocoran pipa akibat keropos karena sudah cukup lama.

Minyak mentah yang menyembur langsung ke sawah warga yang sudah dipanen beberapa waktu lalu dan siap digarap kembali, rumput-rumput yang terkena semburan layu.  Warga setempat tidak ada yang berani mendekat karena khawatir membahayakan .

Menurut keterangan Sekretaris Desa Cidenok, Nano, kebocoran pipa Pertamina ini diduga terjadi pagi dini hari sekitar 02.30 WIB, ada suara semburan dari pipa cukup keras.

“Akibat kebocoran ini ada pencemaran minyak mentah ke sawah, ini akan merusak areal sawah dan tanaman milik para petani, kalau ditanami juga tidak akan tumbuh,” ucap Nano.

Yang lebih dikhawatirkan muncul letupan api dan bisa terjadi kebakaran di wilayah ini,” tutur dia.

BACA JUGA : Seluruh Awak Kapal KRI Nanggala 402 Gugur, Ini Penjelasan Panglima TNI

Dia berharap PT Pertamina segera memperbaiki sejumlah pipa yang mulai keropos khawatir kejadian serupa terulang kembali. Karena hal ini sebelumnya sempat terjadi juga sekaligus mengganti pipa-pipa yang sudah rusak, keropos akibat usianya yang sudah terlalu lama.

Kusnan warga Cidenok mengaku was-was dengan adanya kebocoran pipa tersebut, khawatir kejadian yang menimpa Indramayu beberapa waktu lalu terjadi di wilayahnya.

Soalnya, pipa tersebut menyambung ke sumur minyak yang ada di sekitar Sumberjaya. Terlebih pipa melintasi sejumlah desa di Kecamatan Sumberjaya dan Ligung.

Menurut Kusnan, kebocoran pipa milik Pertamina ini bukan kali pertama, melainkan sudah berulang kali namun biasanya segera diperbaiki. Belum ada keterangan resmi Pertamina mengenai hal ini.(***)

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *