Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Jawa Barat

Diseminasi Gerakan Literasi Sekolah Tingkat Kab. Subang

1
×

Diseminasi Gerakan Literasi Sekolah Tingkat Kab. Subang

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

SUBANG – SinfoNews.com

Gerakan ini menjadi salah satu cara mengembangkan strategi dan diplomasi demi menumbukna budi pekerti siswa

banner 325x300

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang mengupayakan Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan ini menjadi salah satu cara mengembangkan strategi dan diplomasi demi menumbukna budi pekerti siswa. Berkaitan dengan hal tersebut diatas, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Subang melaksanakan kegiatan Diseminasi Gerakan Literasi Nasional bagi guru di Kabupaten Subang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Grand Hotel Subang tersebut diikuti oleh 30 peserta yang terdiri  dari masing masing sekolah 1 Kepala Sekolah dan 2 guru , K3S , dan pengawas sekolah se-Kabupaten Subang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Di buka oleh Drs. Ade Cece M.M.Pd Kasi kurikulum Dinas PDK Kab. Subang, yang di hadiri oleh Kadisdik Kab. Subang Drs. Suwana M.M.Pd, Kabid Kurikulum Drs Mas Indra M.Si. juga para penyaji materi yang terdiri dari Drs Udaya M.M.Pd, Drs Dedi Rohaedi M.M.Pd

Drs Ade cece M.M.Pd, Dadan Hermawan M.M.Pd

Menurut salah seorang penguji materi mengatakan Tanggung jawab pendidikan anak bukan hanya sebatas oleh guru namun semua Stakeholder ( orang tua , masyarakat , dan agama).

“Tenaga pendidik tidak bisa di salahkan, disaat anak- anak bicaranya tidak sopan dll,” ujar penguji materi

Pasalnya, Guru memiliki keterbatasan waktu di sekolah dari jam 07.00 s/d jam 12 .00 saja sisanya berada di lingkungannya.

Ditambahkannya, Gerakan Literasi sekolah merupakan terobosan pemerintah dalam rangka  pembiasaan anak atau siswa cinta membaca, menulis, menganalisis.

“Komponen utamanya adalah guru dan perpustakaan sekolah,” jelasnya

Dengan adanya gerakan literasi Sekolah di harapkan dapat menjadi suatu budaya yang ada di setiap sekolah, bukan hanya di sekolah yang di tunjuk projek sekolah tertentu saja.

Guru, sebagai penggerak dan pelopor GLS  di tuntut mampu mengembangkan GLS  sebagai program unggulan sekolah yang di tuturkan penguji materi Drs Udaya, M.M.Pd , Drs Dedi Rohaedi M.M.Pd, Drs Ade Cece M.M.Pd

Sementara itu Sasaran GLS itu sendiri adalah :

  1. Manajemen perpustakan
  2. Menulis karya ilmiah

Kolerasinya akan di adakan lomba :

  1. Membaca puisi,
  2. Cipta puisi yang di muat dalam vidio,
  3. Cipta pantun,
  4. Dongeng yang di muat vidio,
  5. Membuat cerpen

Selain digelar Diseminasi Gerkan Literasi Sekolah, akan digelar Lomba, untuk pelaksanaannya, tanggal 28  Agustus 2018 dan untuk persertanya murid SD tingkat atau utusan dari kecamatan.

 

Laporan : NienSinfo

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *