Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Pendidikan

DR. KH. Abun Bunyamin, M.A : Belajarlah dan Bergaulah Dengan Ulama

0
×

DR. KH. Abun Bunyamin, M.A : Belajarlah dan Bergaulah Dengan Ulama

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

“Berbuat baik kepada orang tua adalah kewajiban semua orang, apalagi bagi yang berilmu seperti guru

PURWAKARTA,GUNA meningkatkan kompetensi guru agar tidak tergerus dengan perkembangan zaman. Direktur Pendidikan Menengah dan Perguruan Tinggi Al-Muhajirin menyelenggarakan “Seminar Pengembangan Kompetensi Guru” di kampus pusat.

banner 300x600

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Dr. Kh. Abun Bunyamin, MA, dalam tausiyahnya menyampaikan berbuat baik kepada orang tua adalah kewajiban semua orang, apalagi bagi yang berilmu seperti guru.

“Sebagai guru harus berakhlak yang baik, akhlaknya harus seperti “akhlak” Allah,” ujarnya

Lanjutnya, Aplikasi dari akhlak Allah adalah mengikuti sifat-Nya dan juga nama-nama-Nya yang bagus (Asmaul husna). Jadilah pribadi guru yang pengasih dan penyayang, jadilah guru yang memiliki akhlak terpuji.

KH. Abun menambahkan Ada 5 figur yang harus dijadikan teladan bagi guru yang diamanati mendidik anak, yaitu: Sehebat apapun guru dalam penguasaan materi dan metode pembelajaran, ia tidak akan bisa mengubah anak menjadi baik dan pintar tanpa adanya pertolongan Allah.
“Oleh karenanya, seorang guru jangan lepas dari berdoa, solat hajat, solat tahajud,” ucap Kh. Abun

Sedangkan sikap-sikap kita kepada Rasulullah ada 5 yaitu : Meyakininya sebagai utusan Allah, Mendengar dan menaatinya (sam’an wa tha’atan), Jadikan Uswah hasanah (suri tauladan yang baik) serta Mendakwahkan ajarannya, Mencintainya dengan sungguh-sungguh. Hal lain yang di ingatkan oleh Doktor tafsir ini adalah

“Ikutilah ulama yang bermadzhab, jangan ikut ulama yang justru melarang kita untuk bermadzab dan mengajak kembali hanya kepada al quran dan sunnah saja.”katanya.

Ulama adalah pewarisnya Nabi, namun yang diwariskan Nabi bukanlah harta, namun Nabi mewariskan ilmu.

Ketiadaan ulama adalah musibah, bahkan orang yang tidak sedih ketika waftanya ulama kualitas keimanannya patut dipertanyakan.

“Belajarlah dan bergaulah dengan ulama, karena jauh dengan ulama akan mendekatkan kita kepada kecelakaan, baik dunia maupun akhirat,” ujar KH. Abun mengingatkan

Laporan : RoedSINFO
Editor    : Ryan S Kahman

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *