Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Nasional

Enam Tuntutan Aksi Akbar Bela Palestina : Israel Pelanggar HAM Berat

8
×

Enam Tuntutan Aksi Akbar Bela Palestina : Israel Pelanggar HAM Berat

Sebarkan artikel ini
Aksi Akbar Bela Palestina di Jakarta @2023SINFONEWS.com
Aksi Akbar Bela Palestina di Jakarta @2023SINFONEWS.com
banner 325x300

Pewarta : REDAKSI | Editor : RYAN S KAHMAN

“Aliansi juga memberikan apresiasi kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas keputusan dan resolusinya terhadap Israel, antara lain sebagai pelanggar hak asasi manusia (HAM) berat”

banner 325x300

JAKARTA | JUTAAN masyarakat mengikuti Aksi Akbar Aliansi Rakyat Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Jakarta, Minggu, 5 November 2023. Kegiatan tersebut diikuti masyarakat yang berasal dari lintas agama menyampaikan tuntutannya dalam Aksi Akbar Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu 05 Nopember 2023.

Adapun tokoh agama yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina yang membacakan tuntutan itu secara bergantian adalah Sudarnoto Abdul Hakim, Jimmy Sorin, Philips Wijaya, Chandra Setiawan, dan Cholil Nafis.

Aliansi menyatakan sikap menuntut agar perang segera dihentikan, dan agar dilakukan penyelidikan internasional atas kejahatan kemanuasian dan perang Israel untuk diajukan ke Mahkamah Internasional.

Demi kemanusian, perdamaian, dan keadilan, Aliansi menentang keras penjajahan Israel atas Palestina dan mengecam keras politik apartheid, genosida, holocaust, serta terorisme yang dilakukan Israel.

Sebagai bentuk solidaritas bagi Palestina, Aliansi menyatakan seyogyanya bangsa Indonesia yang cinta damai dan keadilan untuk memboikot dan tidak membeli produk Israel, serta produk pakaian, makanan, dan minuman yang menyumbang kepada Israel.

Aliansi juga memberikan apresiasi kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atas keputusan dan resolusinya terhadap Israel, antara lain sebagai pelanggar hak asasi manusia (HAM) berat.

“Namun, PBB perlu melakukan langkah nyata dan tegas dalam rangka menegakkan resolusinya dengan menghilangkan kekuatan veto dari negara yang menampilkan standar ganda terhadap masalah Palestina,” bunyi seruan itu.

Aliansi juga mengapresiasi sikap diplomasi tegas yang dilakukan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, baik di forum Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) maupun di sidang umum PBB.

“Kami mendorong pemerintah Indonesia untuk semakin mendorong kolaborasi negara anggota OKI, ASEAN, GCC (Gulf Cooperation Council atau Dewan Kerja Sama untuk Negara Arab di Kawasan Teluk), bersama dengan negara seperti Rusia, Cina, Bolivia, yang mengambil sikap tegas atas Israel,” lanjut pernyataan itu lagi.

Aliansi juga menyerukan kepada umat berbagai agama untuk memanjatkan doa dan kehadirat Allah yag mahakuasa untuk memberi kekuatan lahir dan batin bagi rakyat Palestina dalam menanggung penderitaan dan menwujudkan kemerdekaan bangsa dan negaranya.

BACA JUGA : Tangis Haru ASN Lepas kepergian Teh Celli

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *