Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Jawa Barat

Hujan Terus Mengguyur, Para Petani Khawatir Harga Gabah Anjlok

0
×

Hujan Terus Mengguyur, Para Petani Khawatir Harga Gabah Anjlok

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

KARAWANG, SINFONEWS.com

“Para petani khawatir bila musim panen kini akan diguyur hujan, dan sangat berdampak pada anjloknya harga jual gabah kering panen ( GKP )”

banner 325x300

PANEN RAYA merupakan momen yang ditunggu tunggu oleh para petani di Karawang, setelah kurang lebih 4 bulan dari mulai tanam hingga panen.

Akan tetapi kini para petani di Karawang berharap harap cemas, pasalnya pasca panen raya yang bertepatan dengan musim penghujan.

Para petani khawatir bila musim panen kini akan diguyur hujan, dan sangat berdampak pada anjloknya harga jual gabah kering panen ( GKP )

Mengingat harga jual padi masih kisaran Rp, 5,000 hingga Rp 6,000/kg, hal tersebut diungkapkan oleh, Karta salah seorang petani asal kelurahan Karangpawitan Kecamatan Karawang Barat

Dirinya mengaku sangat khawatir dengan kondisi yang tak menentu seperti sekarang, mengingat musim panen sekarang bersamaan dengan musim hujan yang akan berdampak pada harga Gabah Kering Panen ( GKP ).

“Saya merasa khawatir dengan kondisi panen seperti saat ini, karena berbarengan dengan musim hujan yang sangat berdampak pada harga jual gabah,” ujarnya

Ditambahkannya, untuk saat ini harga gabah yang dibeli oleh tengkulak masih stabil kisaran  Rp, 5,000 lebih per-kg.

“Kalau hujan terus mengguyur otomatis harga jual gabah bisa turun,” ungkap Karta

Hal senada disampaikan oleh salah seorang buruh tani, Juhano. Dirinya merasa khawatir dengan kondisi cuaca yang tak menentu seperti sekarang.
“Saya juga sebagai buruh tani merasa khawatir dengan kondisi yang seperti ini, karena kalau seandainya hujan terus mengguyur akan berdampak pada penghasilan saya sebagai buruh panen,” kata Juhano

Karena sambung Juhano,  kalau hujan terus mengguyur maka harga eceran padi bisa mencapai  Rp 4,000 bahkan bisa menjadi Rp 3,000 perkilonya.

Laporan : ZatSinfo

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *