Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Sosial & Budaya

Ini 8 Golongan Penerima Zakat Fitrah dan Alasannya

2
×

Ini 8 Golongan Penerima Zakat Fitrah dan Alasannya

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Zakat Fitrah @2021SINFONEWS.com
Ilustrasi Zakat Fitrah @2021SINFONEWS.com
banner 325x300

Laporan : REDAKSI  I  Editor : RYAN S KAHMAN

“Untuk besaran  pembayaran zakat fitrah sendiri pemerintah Indonesia telah mengaturnya dalam BSK Ketua BAZNAS Nomor 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah”

JAWA BARAT  I  DI BULAN Ramadhan, umat islam diwajibkan membayar zakat fitrah yang berasal dari sebagian hartanya.

banner 325x300

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib di bayarkan atau harus dikeluarkan oleh seseorang yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikannya sekali setahun yaitu di bulan Ramadhan menjelang Idulfitri.

Zakat fitrah wajib ditunaikan bagi setiap jiwa, dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadhan. Besarannya yakni beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Untuk besaran  pembayaran zakat fitrah sendiri pemerintah Indonesia telah mengaturnya dalam BSK Ketua BAZNAS Nomor 7 Tahun 2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah, untuk wilayah Jawa Barat dan Sekitarnya, ditetapkan bahwa nilai zakat fitrah setara dengan uang sebesar Rp40.000/hari/jiwa. Nantinya zakat ini akan diberikan kepada mustahik atau penerima zakat.

BACA JUGA :
Kabar Gembira, Bulan Ini dibuka Pendaftaran CPNS dan PPPK

Berikut daftar golongan yang berhak menerima zakat.

Fakir
Fakir adalah  orang-orang yang memiliki harta tetapi sangat sedikit. Orang-orang ini tidak memiliki penghasilan sehingga jarang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan baik.

Miskin
Di atas fakir, ada orang-orang yang disebut miskin. Mereka adalah orang-orang yang memiliki harta namun juga sangat sedikit. Penghasilannya sehari-hari hanya cukup untuk memenuhi makan, minum dan tak lebih dari itu.

Amil
Amil adalah mereka orang-orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat hingga menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan.

Mualaf
Mualaf melupakan orang yang  baru masuk Islam atau mu’allaf juga menjadi golongan yang berhak menerima zakat.  Tujuannya agar orang-orang semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya, Allah sebagai tuhan dan Muhammad sebagai Rasulnya.

Riqab/Memerdekakan Budak
Zaman dahulu, banyak orang yang dijadikan budak oleh saudagar-saudagar kaya. Zakat digunakan untuk membayar atau menebus para budak agar mereka dimerdekakan. Orang-orang yang memerdekakan budak juga berhak menerima zakat.

Gharim (orang yang memiliki utang)
Gharim adalah orang yang memiliki utang. Orang yang memiliki utang berhak menerima zakat. Namun, orang-orang yang berutang untuk kepentingan maksiat seperti judi dan berutang demi memulai bisnis lalu bangkrut, hak mereka untuk mendapat zakat akan gugur.

Fi sabilillah
Sabilillah adalah segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah. Misal, pengembang pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi.

Ibnu sabil
Ibnu Sabil disebut juga sebagai musafir atau orang-orang yang sedang melakukan perjalanan jauh termasuk pekerja dan pelajar di tanah perantauan.(***)

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *