Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Peristiwa

Intesitas Hujan Tinggi, Jalur Alternatif Jonggol-Cipanas Longsor

0
×

Intesitas Hujan Tinggi, Jalur Alternatif Jonggol-Cipanas Longsor

Sebarkan artikel ini
Tim gabungan upayakan untuk membuka jalur alternatif Cipanas-Jonggol yang Longsor@2021SINFONEWS.com
Tim gabungan upayakan untuk membuka jalur alternatif Cipanas-Jonggol yang Longsor@2021SINFONEWS.com
banner 325x300

Pewarta : REDAKSI  I  Editor : RYAN S KAHMAN

“Kita sudah berkoordinasi dengan BPBD dan dinas terkait untuk segera menurunkan alat berat karena tinggi dan panjangnya material longsoran berupa tanah, batu dan lumpur. Kita berharap alat berat segera datang dan evakuasi dapat berjalan cepat,” katanya

CIANJUR I  TINGGINYA intensitas dan lamanya durasi hujan yang mengguyur sebagian wilayah Jawa Barat menyebabkan salah satu jalur alternatif di wilayah tersebut dilanda longsor setinggi satu meter dengan panjang 12 meter .

banner 325x300

Akibat timbunan material yang berasal dari longsor, jalur alternatif Jonggol-Cipanas, Cianjur, Jawa Barat terputus.

Lokasi persisnya peristiwa longsor tersebut berada di ruas Jalan Mariwati, Kecamatan Sukaresmi. Sehingga mengakibatkan arus lalu lintas dari kedua arah terhambat total.

“Longsor terjadi Senin menjelang tengah malam,” kata Kapolsek Sukaresmi AKP Irwan Alexander.

Dalam insiden tersebut, pihak berwenang menyebutkan bahwa tidak ada korban jiwa atau kerugian materi akibat longsor jalur alternatif Jonggol-Cipanas, Jawa Barat.

Namun, dampak dari longsor setinggi satu meter dengan panjang 12 meter, yaitu kendaraan tidak dapat melintas dari kedua arah karena tinggi dan panjangnya material longsoran.

Kapolsek Sukaresmi AKP Irwan Alexander menjelaskan bahwa longsor terjadi setelah wilayah Sukaresmi diguyur hujan deras sejak sore hingga malam dan menyebabkan tebing setinggi 3,5 meter longsor menutupi sebagian jalan dengan ketinggian satu meter dan panjang 12 meter.

Guna melakukan evakuasi, tim gabungan yang terdiri atas TNI-Polri, aparat desa dan kecamatan, Retana dan warga sekitar berusaha menyingkirkan material longsor yang menutup jalan.

BACA JUGA :
Kepala BKPSDM Sebut Ada 994 Formasi CPNS dan PPPK di Kabupaten Karawang

Upaya tersebut dilakukan bertujuan agar arus kendaraan dapat kembali melintas lantaran menjelang malam, jalur tersebut banyak dilalui kendaraan pengangkut sayur-mayur untuk dijual ke pasar.

Upaya tersebut dilakukan sembari menunggu bantuan alat berat setelah berkoordinasi dengan BPBD dan dinas terkait di Pemkab Cianjur.

Tebal dan panjangnya material longsoran menyebabkan upaya evakuasi mengalami kendala lantaran menggunakan alat manual seperti cangkul dan sekop.

Kapolsek Sukaresmi AKP Irwan Alexander menyebutkan bahwa material longsoran berupa tanah, batu dan lumpur.

“Kita sudah berkoordinasi dengan BPBD dan dinas terkait untuk segera menurunkan alat berat karena tinggi dan panjangnya material longsoran berupa tanah, batu dan lumpur. Kita berharap alat berat segera datang dan evakuasi dapat berjalan cepat,” katanya yang dikutip dari Antara, Selasa, 25 Mei 2021.

Jalur alternatif Cipanas-Jonggol banyak dilalui kendaraan pengangkut hasil bumi yang akan dijual di sejumlah pasar lokal di Cianjur dan Jabotabek.

Akibat terputusnya jalur alternatif Jonggol-Cipanas, Jawa Barat, Kapolsek Sukaresmi AKP Irwan Alexander menyiagakan petugas di beberapa meter sebelum lokasi guna mengarahkan kendaraan yang hendak melintas ke jalur lain.(***)

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *