Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 1400X120
Jawa BaratNasional

IWO Karawang Perangi Berita Hoax

0
×

IWO Karawang Perangi Berita Hoax

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

KARAWANG-Sinfonews.com

Hoax kini menjadi masalah serius di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Karawang. Peran media massa untuk memerangi berita hoax, dianggap penting agar masyarakat sebagai pembaca bisa menerima informasi sesuai dengan fakta yang ada. Hal itu pula yang melatarbelakangi dibentuknya Ikatan Wartawan Online (IWO) oleh sejumlah wartawan media online Karawang beberapa waktu lalu.

banner 325x300

Ketua Pengurus Wilayah IWO Karawang, Ega Nugraha yang juga sebagai wartawan di Media Online www.rmoljabar.com mengatakan, terus mewabahnya berita hoax di tengah masyarakat saat ini, memang sangat merugikan banyak pihak. Untuk itulah, kata Ega, keberadaan organisasi IWO ini nantinya bisa menjadi wadah untuk bertukar pikiran dan menyatukan persepsi seluruh wartawan media online di Karawang untuk tidak membuat berita bohong. Hal itu, kata dia, yang harus dijaga secara profesionalisme oleh seluruh insan pers.

“Artinya, konten yang disajikan harus yang benar dan akurat serta tepat, menjadi pegangan dasar baik bagi media online. Tidak hanya berdasarkan kecepatan dalam menyajikan sebuah berita,” tandasnya, Kamis ( 10/8-2017 )

Senada juga diungkapkan Dede Jaenudin, Sekertaris PW. Iwo Kab. Karawang, mengatakan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, medium informasi dulu kontennya dimuat dalam medium cetak ke elektronik atau online. Sedangkan saat ini mediumnya berkembang ke media sosial (medsos), sehingga dengan hadirnya IWO di Karawang bisa menjadi wadah sekaligus rumah bagi wartawan Media Online

“Dengan hadirnya IWO di Karawang ini, diharapkan bisa menjadi wadah sekaligus rumah bagi wartawan media online. Sehingga kedepan organisasi ini bisa ikut andil untuk memberikan informasi kepada masyarakat dengan benar,” ujar Sekretaris Pengurus Wilayah IWO Kabupaten Karawang, Dede Jaenudin, yang tercatat sebgai reporter media online www.tvberita.co.id ini

Menurut Dede, wartawan media online yang masuk menjadi anggota IWO Karawang, dia tegaskan sepenuhnya siap dalam memberantas dan mengurangi hoax atau berita palsu.

Sementara itu A. Mohamad Hasan salah seorang wartawan pada media online www.sidaknews.com menjelaskan perkembangan ini tidak bisa dihindari, medium berbasis internet. Tetapi yang paling penting bagi kita adalah bagaimana untuk terus memberikan informasi sesuai dengan fakta yang ada, dan ikut memerangi berita hoax

“Karena tidak bisa dipungkiri, keberadaan media online yang sudah menjamur ini, mulai dilirik masyarakat. Karena di era digital ini masyarakat lebih mudah dan cepat membaca berita di media online,” ujar A.Mohamad Hasan yang kerap dipanggil Kang Kobra.

Hoax bukan singkatan tetapi satu kata dalam bahasa inggris yang punya arti sendiri. Sedangkan definisi Hoax adalah Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk  menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu. ( Ryaska )

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *