KBRI Cairo Pulangkan Empat TKW Undocumented

oleh
banner 300250

CAIRO – SINFONEWS. COM

Duta Besar (Dubes) RI untuk Cairo Hilmy Fauzi mengatakan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cairo, Mesir memberikan fasilitas pemulangan empat Tenaga Kerja Wanita (TKW) undocumented kemarin.

Keempat pekerja migrant tersebut masing-masing berinisial NG, SHA, LE, dan IAT, serta berasal dari Cianjur, Indramayu, Sumbawa dan Ambon.

“Mereka ditampung oleh KBRI Cairo setelah melarikan diri dari majikan masing-masing akibat menerima perlakuan kasar,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/2/2018).

Sebelumnya, kata Hilmy, mereka dibawa ke Mesir oleh pihak ketiga secara illegal dan dipekerjakan pada sektor domestik sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT).

Dijelaskannya, KBRI Cairo telah membantu melakukan pengurusan seluruh proses kepulangan mereka, termasuk menanggung biaya pemulangannya.

“Sejak tahun 2015 lalu Mesir bukanlah negara tujuan pengiriman TKI di sektor domestik dan penggunaan jasa perorangan. Hal tersebut tertuang dalam keputusan menteri Tenaga Kerja RI nomor 260 tahun 2015,” demikian Dubes Hilmy menjelaskan. (RyaSKa)

banner 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *