Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Jawa Barat

Kelompok Tani Binaan Pertagas WJA Sukses Kembangkan Pertanian Yang Ramah Lingkungan

0
×

Kelompok Tani Binaan Pertagas WJA Sukses Kembangkan Pertanian Yang Ramah Lingkungan

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

Penulis : OesmanSINFO  I  Editor  : Ryan S Kahman

“Pupuk organik berfungsi untuk memperbaiki atau meningkatkan kesuburan tanah. Sedangkan pupuk anorganik untuk memenuhi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. “Jadi kedua jenis pupuk ini saling melengkapi,” kata Rosa Permata Sari

KARAWANG, SINFONEWS.com-PT. PERTAMINA Gas Western Java Area (Pertagas WJA) berkomitmen dalam bekerja sama dengan Gabungan Kelompok Tani Saluyu di wilayah Cilamaya  dengan sebuah mengembangkan konsep Pertanian yg Ramah Lingkungan. Dengan program CSR yang dirintis awal tahun 2019 ini pihaknya sudah menunjukkan dengan hasil yang cukup menggembirakan.

banner 325x300

Panen padi tersebut dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Saluyu yang menaungi 7 kelompok tani di CIlamaya alhasil dengan mendapat 6-7 ton dalam satu Hektarnya. Pertagas WJA, sejak awal tahun 2019 mendampingi Gapoktan ini untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia di lahan sewa mereka

“Melihat hasil panen kali ini, kami semakin terdorong untuk tetap mendampingi agar Gapoktan benar-benar berdaya,” ujar Direktur Teknik dan Operasi Pertagas Rosa Permata Sari, saat menggelar panen padi di Desa Sukatani, Cilamaya, Karawang.

Dikatakan upaya ini juga perlu didukung berbagai pihak, terutama dalam hal penyampaian informasi yang tepat mengenai fungsi dan manfaat pupuk organik dalam budi daya pertanian. Sekaligus untuk mendukung perbaharuan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 70 Tahun 2011 menjadi Permentan Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pendaftaran Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pembenah Tanah.

“Dengan sisi lain  kami ingin mengedukasi akan pentingnya upaya kita menjaga kelestarian lingkungan hidup,” papar Rosa.

Baca SINFONEWS.com, berikutnya :
Bawaslu Sampaikan Syarat Maju Jalur Independen, Harus Punya Dukungan 3.330

Penggunaan pupuk organik, kata dia, juga merupakan upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan. Untuk itulah, perlu menggunakan pemupukan berimbang, yaitu kombinasi antara penggunaan pupuk organik.

“Pupuk organik berfungsi untuk memperbaiki atau meningkatkan kesuburan tanah. Sedangkan pupuk anorganik untuk memenuhi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. “Jadi kedua jenis pupuk ini saling melengkapi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Gapoktan Saluyu Aep Endang Sudrajat mengatakan penggunaan pupuk organik terbukti tidak mengurangi produktifitas.

Asep mengaku puas dengan pemakaian pupuk organik, ternyata mampu meningkatkan produksi.

“Kami juga optimistis panen mendatang akan lebih banyak, karena sifat pupuk organik baru terlihat maksimal setelah dua tiga kali panen,”  ujarnya.

Acara panen padi musim pertama oleh Gapoktan Saluyu ini dihadiri juga oleh GM Operation East Region Pertagas Gatot, Camat Cilamaya Entoh Hendra Permana, Kepala UPT Dinas Pertanian Cilamaya Wasma dan Sekretaris Desa Cilamaya Wetan Ali Hamidi. (***)

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *