Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Nasional

KPK Segera Umumkan Daftar Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan APD Covid-19

8
×

KPK Segera Umumkan Daftar Tersangka Kasus Korupsi Pengadaan APD Covid-19

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Kasus Korupsi@2023SINFONEWS.com
Ilustrasi Kasus Korupsi@2023SINFONEWS.com
banner 325x300

Pewarta : REDAKSI | Editor : RYAN S KAHMAN

banner 325x300

JAKARTA | KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kini Tengah menangani perkara korupsi pengadaan alat pelindung diri (APD) Covid-19 untuk menetapkan daftar tersangka dalam kasus yang merugikan negara hingga ratusan juta rupiah tersebut. Terkait hal tersebut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) angkat bicara.

Dikatakan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi dan Informasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi bahwa Kasus korupsi pengadaan APD Covid-19, diduga hanya melibatkan oknum individu di lingkup Kemenkes sebelum Budi Gunadi Sadikin dilantik sebagai Menteri Kesehatan (Menkes).

“Sepemahaman kami, kasus ini terjadi sebelum masa Pak Budi Gunadi Sadikin menjabat sebagai Menkes,” kata Nadia, dikutip Sinfonews.COM dari ANTARA, Jumat 10 November 2023.

Seperti diketahui, Budi Gunadi Sadikin dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Kesehatan pada 23 Desember 2020.

Saat disinggung terkait oknum individu yang dimaksud, Nadia menyebut belum ada komunikasi lebih lanjut dari KPK.

“Belum dapat informasi lebih lanjut dari KPK. Mekanisme (hukum) sudah ada dan sudah berjalan, hanya kalau peluang individu mungkin saja,” ucap dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengumumkan telah memulai penyidikan kasus korupsi pengadaan APD di Kemenkes. Dia menyampaikan hal tersebut saat konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis malam, 9 November 2023.

Alex bahkan mengungkapkan, dalam kasus korupsi pengadaan APD Covid-19 tersebut sudah ada nama-nama tersangka yang ditetapkan penyidik KPK. Perkara korupsi tersebut, imbuhnya, diduga terjadi dalam pengadaan APD di Pusat Krisis Kemenkes pada tahun 2020.

“Pengadaan APD apakah sudah ada tersangka? Ya, sudah ada. Sprindik juga sudah ditandatangani,” ungkap dia.

Meski demikian, Alex belum mengumumkan siapa saja pihak yang telah ditetapkan tersangka dalam kasus ini. Ia juga belum mengungkapkan detail konstruksi perkara korupsi pengadaan APD tersebut.

“Ya, kami sudah menetapkan tersangka dan nama-namanya sudah ada semua,” papar Alex.

BACA JUGA : Ingat, 6 Lokasi Yang Dilarang Untuk Dipasang Alat Peraga Kampanye

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *