Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Jawa Barat

Maknai kemerdekaan Ini Dengan Refleksi Kebersamaan Dan Keharmonisan Dalam Kebhinekaan

2
×

Maknai kemerdekaan Ini Dengan Refleksi Kebersamaan Dan Keharmonisan Dalam Kebhinekaan

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

KARAWANG-Sinfonews.com

Kemerdekaan Indonesia telah berumur 72 tahun, masa itu bukanlah masa yang singkat, namun telah melewati setengah abad. Dalam mengisi kemerdekaan Indonesia, para pemuda sangatlah berperan, bahkan para pemudalah sebagai ujung tombak dalam memaknai kemerdekaan itu, apalagi mereka adalah sebagai calon para pengambil kebijakan kelak.Realita yang kita lihat sekarang, para pemuda di Indonesia memiliki bermacam tingkah laku dan karakter, ini semua kadang sehaluan dengan tujuan kemerdekaan ataupun sebaliknya. Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Kab. Karawang, H. Toto Suripto, SE yang ditemui di ruang kerjanya

banner 325x300

Menurutnya bagi para pejuang dan orang-orang yang hidup pada masa memperjuangkan kemerdekaan, makna paling nyata dari kemerdekaan adalah lepasnya cengkeraman para penjajah dari bumi pertiwi. Namun terhitung setelah 72 tahun sejak Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

 “Semakin sedikit generasi yang merasakan secara langsung makna kemerdekaan seperti yang dirasakan oleh generasi sebelumnya,”jelas Ketua DPRD Karawang kepada Sinfonews.com, Kamis 17/08-2017

Lalu H. Toto Suripto pun melanjutkan semangat dalam memaknai kemerdekaan ini juga terus diwariskan ke generasi selanjutnya. Semangat ini bahkan diwariskan melalui berbagai permainan yang kerap diperlombakan pada perayaan hari kemerdekaan, atau yang biasa dikenal dengan nama lomba 17-an. Permainan tersebut seperti tarik tambang, balap karung, dan lomba bakiak.

Tarik tambang memang sebuah permainan sederhana, namun siapa pun yang pernah memainkan permainan ini pasti akan sadar bahwa ini bukan sekedar permainan adu kuat. Ada makna lain di dalamnya, yaitu kerja sama dan gotong-royong.

“Hal tersebut tertuang pada tema hari kemerdekaan tahun ini, yaitu Kerja Bersama,” katanya

Mewariskan dan menanamkan berbagai semangat tersebut juga merupakan cara untuk memaknai kemerdekaan. Selain melanjutkan perjuangan dalam perannya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah salah satu lembaga yang mewakili seluruh lapisan masyarakat dalam pemerintahan, menanamkan semangat kemerdekaan tersebut dalam budaya kerjanya.

“Memaknai kemerdekaan adalah merefleksikan kita pada nilai-nilai yang positif seperti gotong-royong dalam kebersamaan, kegigihan, dan semangat pantang menyerah, serta mengutamakan keharmonisan dalam kebhinnekaan. Semua itu mengarah pada satu tujuan bersama,” pungkas Ketua DPRD Karawang Toto Suripto ( RyaSKa )

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *