Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Purwasuka-Bekasi

Nace Permana : Bupati Cellica Diminta Hati-Hati Terima Investasi GSM di Karawang

7
×

Nace Permana : Bupati Cellica Diminta Hati-Hati Terima Investasi GSM di Karawang

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

Pewarta : SUPRIATNO |  Editor : RYAN S KAHMAN

“Pembangunan pabrik kertas dilatarbelakangi oleh terjadinya pergeseran global dari kertas tulis ke kertas industri atau kertas kemasan, seiring dengan kesadaran ramah lingkungan”

KARAWANG | ANGGOTA kelompok Pakar DPRD Karawang yang juga Ketua Umum LSM. LODAYA PURAGABAYA INDONESIA, Nace Permana  tegaskan, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana agar jangan melulu melirik kepada besaran nilai investasi Rp 60 Trilyun, namun terpenting, selaku Bupati, Cellica wajib memperhatikan nasib masyarakat Karawang ke depan.

banner 325x300

Cellica Nurrachadiana diminta untuk berhati-hati saat membicarakan rencana investasi pembangunan pabrik kertas baru milik Grup Sinar Mas (GSM) di daerahnya.

Nace berujar, keberadaan pabrik Grup Sinar Mas di Kabupaten Karawang kerap timbulkan persoalan lingkungan.

Cellica harus berkaca kepada  pengalaman sebelumnya, di mana Pemkab Karawang sempat dibikin repot akibat ulah perusahaan Grup Sinas Mas.

Dicontohkannya, peristiwa pencemaran aliran Sungai Citarum oleh pabrik kertas Pindo Deli Pulp and Paper Mills 1, pencemaran Sungai Cibeet oleh pabrik kertas Pindo Deli Pulp and Paper Mills 3, juga kebocoran gas chlorine pabrik caustik soda Pindo Deli Pulp and Paper Mills 2, itu fakta tidak komitmennya perusahaan untuk menjaga kelestarian alam dan  lingkungan Karawang.

Catatan buruk itu, harus menjadi pertimbangan khusus bagi Pemerintah Karawang manakala akan menerima investasi dari luar, apalagi investor yang mau masuk adalah GSM, perusahaan PMA  yang memiliki trackrecord catatan buruk di Karawang, ungkap Nace mensikapi pertanyaan wartawan soal rencana investasi pabrik kertas baru miliknya GSM di Kabupaten kelahirannya, Senin (03/04).

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Karawang, Eka Sanatha, membenarkan jika bakal adanya pembangunan pabrik kertas berskala besar PT Indah Kuat Pulp & Papers Grup Sinar Mas di Karawang.

“Betul, GSM bakal berinvestasi lagi di Karawang dengan nilai investasi Rp 60 Trilyun, akan membangun pabrik kertas di atas lahan seluas lebih kurang 400 hektare di Kecamatan Ciampel,” kata Eka Sanatha kepada wartawan Senin siang (03/04) seiring menjelaskan jika proses perizinan pendirian pabrik itu dilakukan GSM ke pemerintah Pusat karena sumber investasinya  dari modal Asing, ungkapnya.

“Hari ini Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dari Pusat akan datang ke Karawang meninjau lapangan,” kata Eka.

BACA JUGA : Tanggulangi Dampak Puting Beliung Bojong, Pemkab Purwakarta Lakukan Mitigasi Bencana

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *