Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Priangan Timur

Pemkab Sumedang Optimalkan Penyaluran Bantuan di Masa Pemulihan

11
×

Pemkab Sumedang Optimalkan Penyaluran Bantuan di Masa Pemulihan

Sebarkan artikel ini
Forkopimda Sumedang saat berikan keterangan terkait masa pemulihan korban bencana gempa@2024SINFONEWS.com
Forkopimda Sumedang saat berikan keterangan terkait masa pemulihan korban bencana gempa@2024SINFONEWS.com
banner 325x300

SUMEDANG, SINFONEWS.com | PENANGANAN pascabencana gempa saat ini masuk tahap masa transisi, rekonsiliasi dan rekonstruksi setelah berakhirnya status tanggap darurat.

banner 325x300

“Saat ini intesitas gempa semakin menurun. Berdasarkan pertimbangan tersebut, masa tanggap darurat berakhir dalam tujuh hari dan sekarang masuk masa transisi  rekontruksi dan rekonsiliasi,” kata Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman saat memberikan keterangan pers di Gedung Negara, Senin 08 Januari 2024.

Menurut Herman, setelah berakhirnya status tanggap darurat, aktifitas  dikembalikan seperti biasa dan akan fokus pada masa pemulihan pascabencana.

“Asesmen dan uji petik kerusakan tahap pertama  terhadap kerusakan bangunan rusak berat dan sedang telah diselesaikan pada hari Senin ini. Sementara untuk yang rusak ringan akan dituntaskan sampai tanggal 10 Januari 2024,” katanya.

Asesmen dan uji petik tahap II  kerusakan bangunan rumah hunian, perkantoran, fasilitas sosial dan fasilitas umum akan dilanjutkan di masa transisi sampai tanggal 31 Januari 2024 .

“Proses penyaluran bantuan akan terus dioptimalkan di masa transisi baik bersumber dari pemerintah pusat, sumbangan maupun belanja tidak terduga (BTT) APBD,” ujarnya.

BACA JUGA : Tinjau Lokasi Banjir Karangligar, BNPB Apresiasi Pemkab Karawang Upaya Mitigasi Terjadinya Musibah Banjir

Pj Bupati Herman mengatakan, selama masa transisi ini pengambilan data oleh pihak BMKG akan terus berlanjut supaya rekomendasi penanganan bencana untuk Kabupaten Sumedang bisa komprehensif.

“Di masa transisi tenda tenda pengungsian dan dapur umum akan dibongkar sehingga masyarakat bisa menjalankan aktiviras normal seperti biasa kecuali tenda darurat di halaman RSUD sementara akan dipasang untuk 1 bulan ke depan,” ujarnya.

Dandim 0601 Letkol Inf. Gordon menyampaikan, pengakhiran masa tanggap darurat gempa ini sudah sangat layak untuk dilakukan dan beralih ke masa transisi pemulihan. Dandim mengapresiasi, semua pihak dalam penanganan bencana gempa bumi Sumedang, mulai dari penentuan status terhadap lokasi kerusakan dan sumber daya, penyelamatan atau evakuasi dan perlindungan serta pemenuhan kebutuhan dasar, serta upaya pemulihan.

“Terimakasih kepada semua pihak baik TNI, Polri, dan Pemda serta para relawan atas kesigapannya dalam penanganan bencana di Sumedang. Semua sudah sangat komprehensif dan kondusif,” ujarnya.***

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *