Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Pendidikan

Perpustakaan SMI 1-3 Al’Muhajirin Gunakan Digitalisasi Sistem

0
×

Perpustakaan SMI 1-3 Al’Muhajirin Gunakan Digitalisasi Sistem

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

“Perpustakaan digital (digital library) yang memberikan kemudahan kepada pengelola dan pengguna perpustakaan baik dari segi kecepatan akses pencarian buku, pengelohan buku dan sebagainya”

PURWAKARTA, PERKEMBANGAN teknologi informasi dari hari ke hari makin maju dan semakin canggih baik dari segi teknologinya sendiri maupun dalam penyajian informasi. Dimana hal tersebut dapat dilihat dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini. Begitu juga halnya pada perpustakaan, dahulunya perpustakaan hanya terdiri dari kumpulan buku yang terletak di rak-rak penyusunan buku tanpa adanya katalog atau disebut juga dengan “perpustakaan tradisional”.

banner 325x300

Dengan seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi informasi maka muncul “perpustakaan semi modern”, pada perpustakaan ini sudah menggunakan katalog (index). Kemudian muncullah perpustakaan digital (digital library) yang memberikan kemudahan kepada pengelola dan pengguna perpustakaan baik dari segi kecepatan akses pencarian buku, pengelohan buku dan sebagainya. Sehingga dengan adanya perpustakaan digital maka muncullah sistem digitalisasi dan otomasi perpustakaan.

Digitalisasi sistem perpustakaan  kini sedang dilaksanakan di Perpustakaan SMI 1-3 atau SMP/MTs Al Muhajirin Purwakarta, dengan sistem ini kedepan perpustakaan SMP/MTs Al-Muhajirin akan terkoneksi dengan sistem administrasi siswa dan guru, sehingga koleksi atau katalog buku yang dimiliki peprpustakaan dapat diaaksses dengan mudah oleh seluruh warga sekolah melalui gawai yang mereka miliki.

Selain itu, akses katalog yang terkoneksi sistem ini memberikan kemudahan bagi pustkawan dalam mengelola peminjaman dan pengembalian buku cukup dengan men-scan barkode yang telah disematkan pada buku, maka identitas buku dari mulai judul, penerbit, pengarang akan terekam secara otomatis pada sistem, termasuk identitas peminjam secara otomatis juga akan tersimpan dalam sistem.

Laporan : RoedSINFO
Editor     : Ryan S Kahman

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *