Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Pilkada Serentak 2024

Soal King Maker di Pilkada Karawang 2024, Mr. Kim: Bukan Hanya Cellica, ada Saan Mustopa Hingga Dasim

115
×

Soal King Maker di Pilkada Karawang 2024, Mr. Kim: Bukan Hanya Cellica, ada Saan Mustopa Hingga Dasim

Sebarkan artikel ini
Tiga Tokoh Politik berpengaruh di Karawang@2024SINFONEWS.com
Tiga Tokoh Politik berpengaruh di Karawang@2024SINFONEWS.com
banner 300x250

SINFONEWS.com, KARAWANG | SEJUMLAH figur atau tokoh politik mulai menunjukkan pengaruhnya menjelang kontestasi politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilakada) Karawang 2024.

banner 970x250

Mereka lebih banyak bekerja di dapur politik yang menentukan ketimbang tampak di ruang publik. Mereka inilah yang acap disebut sebagai king maker, istilah dalam bahasa Inggris yang berarti sosok pembuat atau yang memunculkan raja.

Sosok ini mempunyai pengaruh dan kontrol besar dalam sebuah komunitas di tengah masyarakat. Publik menyebut Cellica Nurrachadiana, Saan Mustopa, Dadang S Muchtar sebagai deretan king maker.

Tetapi pengamat komunikasi politik Nurdin Syam akrab disapa Mr. Kim punya gambaran tersendiri mengenai sosok king maker Pilkada Karawang 2024.

Menurut dia, pemahaman tentang king maker selama ini kurang tepat. Mr. Kim, begitu dia biasa disapa, king maker pada kontestasi politik merupakan seorang tokoh politik yang memiliki kendaraan terbesar untuk maju dalam Pilkada Karawang 2024.

BACA JUGA : BKD Tanjungbalai Terlibat Terkait Dugaan Ijazah Palsu, Tim Hanif Kecewa Jawaban Inspektorat

Dari banyaknya tokoh politik di Karawang, hanya tiga Tokoh politik yang berpengaruh diantaranya :

  1. Saan Mustofa

    Politisi asli kelahiran batu jaya Karawang cukup piawai dan berhasil ada dikancah nasional yang saat ini menjadi ketua Nasdem Jawa Barat, prestasinya melonjak dibeberapa kabupaten Nasdem mencapai kursi yang signifikan terutama Karawang adalah capaian tinggi bisa melonjak naek dari 2 kursi hingga 7 kursi.

    Saan Mustofa mempunyai hubungan baik dengan incumben bupati Karawang JIEP karena suka tidak suka peran JIEP untuk naiknya kursi Nasdem dikarawang cukup berperan, sehingga kemungkinan JIEP selain diusung PKS juga NASDEM hingga diyakinkan Saan Mustofa bisa membawa koalisi pusat sampai ke daerah yang PKB ada didalamnya.

  2. Cellica Nurrachadiana

    Politisi ini asli kelahiran kota Parahyangan Bandung yang sukses di Karawang 13 tahun menjadi penguasa bahkan sekarang lolos di DPR RI, tidak dipungkiri sistem jaringan basis mengakar di Karawang, suka tidak suka JIEP & SEKDA AJAM adalah salah satu tangan kanannya yang membantu melenggangkan kekuasaannya dikarawang.

  3. Dadang S Muchtar

    Dadang S Muchtar Balong Center politisi dan tokoh masyarakat sukses dan banyak mencetak kader kader politisi muda yang saat ini berkiprah dipermukaan karawang sebutlah salah satunya adalah Mulyono ketua DPD GOLKAR Karawang juga ketua PKB Rahmat Toleng juga adalah salah satu anak asuh dari DASIM.

    Balong Center sampai dengan hari ini masih dimintai pendapat dan sarannya oleh beberapa politisi dan para calon yg akan ikut berkontestasi diPilkada 2024

Menurut Mrs Kim, terkait pelaksanaan Pilkada Karawang 2024, dia sangat yakin jika sejumlah calon bupati dan wakil bupati bakal merapat ke tiga tokoh politik tersebut untuk meminta dukungan.

“Pasalnya, memiliki pengaruh di masyarakat, terlebih dinilai berhasil dalam membangun Karawang,” pungkasnya. ***

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *