Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Kabar Desa

Tb. Anwar Mudrik : Panitia Pilkades Harus Netral, Tidak Memihak Kepada Salah Satu Calon Kades

1
×

Tb. Anwar Mudrik : Panitia Pilkades Harus Netral, Tidak Memihak Kepada Salah Satu Calon Kades

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

KARAWANG, SINFONEWS.com

“Mudrik mengintrusikan kepada anggotanya agar dalam pelaksana Pilkades harus netral dan tidak memihak kepada salah satu bakal calon kepala desa”

banner 325x300

KETUA Panitia Pilkades Desa Karangjaya – Pedes, TB Anwar Mudrik menilai pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Karawang  tahun ini  berpotensi menimbulkan konflik antar pendukung. Menurutnya, hal itu bisa dihindari apabila Pilkades ditangani panitia pelaksana yang independent jujur dan adil.

Maka dari itu, Mudrik mengintrusikan kepada anggotanya agar dalam pelaksana Pilkades harus netral dan tidak memihak kepada salah satu bakal calon kepala desa.

”Tensi pelaksanaan pilkades serentak tahun ini justru berbeda. Di satu sisi minat menjadi kades sangat tinggi,  sehingga persaingan juga semakin ketat. Apabila ada sikap keberpihakan dari panitia pelaksana dan itu  terlalu terbuka, maka akan menimbulkan konflik,,”kata Mudrik.

Menurutnya ada beberapa hal yang rawan menjadi pemicu konflik  di Pilkades nanti, antara lain yakni persoalan daftar pemilih hingga kepada  kredibilitas panita pilkades  yang cenderung masih diragukan.

”Yang paling rawan juga ini soal daftar pemilih. Ini nanti ada yang tidak punya KTP di desa itu bisa saja ikut memilih. Nah ini salah satu  potensi masalah yang harus diantisipasi penanganannya oleh panitia pelaksana,”imbuh Mudrik.

Selain itu dirinya juga mengharapkan regulasi pelaksanaan Pilkades  bisa disosialisasikan  dengan  baik oleh Pemkab Karawang kepada warga.  Begitu juga para bakal calon kades, menurutnya wajib mengetahui aturan main pelaksanaan pilkades tersebut.

”Karena sudah ada perdanya, jadi para calon kepala desa kalau ada yang  kurang puas harus menggunakan jalur   yang diberikan ruangnya oleh aturan,  jangan sampai membuat  sekat-sekat di masyrakatnya sendiri yang ujungnya membuat konflik internal di desa,” pungkas Mudrik.

Laporan : RedSinfo/Rian

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *