Scrool Untuk Membaca
banner 325x300
banner 970x250
Kesehatan

Jaga Kesinambungan JKN-KIS Melalui Perangkat Desa

0
×

Jaga Kesinambungan JKN-KIS Melalui Perangkat Desa

Sebarkan artikel ini
banner 325x300

KARAWANG, SINFONEWS.com

“Program JKN-KIS merupakan program yang sangat penting dan berguna, terutama bagi masyarakat di pedesaan”

banner 325x300

JAMINAN Kesehatan merupakan salah satu Jaminan Sosial yang wajib dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk masyarakat yang berada di pelosok desa. Tahun 2019 merupakan tonggak pencapaian Cakupan Semesta BPJS Kesehatan sebagai badan yang dipercayakan menjadi penyelenggara Jaminan Kesehatan di Indonesia.

BPJS Kesehatan dalam upaya mencapai Universal Health Coverage terus melakukan upaya salah satunya dengan melakukan pendekatan pada unsur pemerintahan dimulai dari struktur yang paling dekat dengan masyarakat, yaitu Desa.

Desa merupakan unsur pemerintahan yang memiliki jangkauan luas dan dapat menjangkau masyarakat secara langsung termasuk masyarakat yang berada di pelosok daerah sekalipun.

Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia) merupakan organisasi profesi berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup nasional, berdaulat dan mandiri, atas dasar kesamaan kegiatan, profesi di bidang pemerintah desa, serta pembangunan pedesaan.

Apdesi  beranggotakan Kepala Desa dan Perangkat Desa baik yang Aktif maupun yang Purna Bakti dan ingin memperjuangkan kemakmuran dan kesejahteraan pemerintah dan masyarakat desa. Dibawah naungan Apdesi, eksistensi Pemerintahan Desa kini lebih terasa.

H. Pandadinata, selaku Kepala Dinas DPMD Kabupaten Purwakarta, turut mengakui bahwa Program JKN-KIS merupakan program yang sangat penting dan berguna, terutama bagi masyarakat di pedesaan.

 “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung program JKN-KIS agar dapat diterapkan bagi seluruh masyarakat terutama di Purwakarta. Kami percaya program ini tentunya memberikan manfaat yang sangat besar bagi warga Indonesia khususnya Purwakarta ya” ujar Pandadinata,

Perangkat Desa kini  dapat memanfaatkan metode Peserta Penerima Upah dengan segmen PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negari) dimana iurannya lebih efisien dan efektif dengan proporsi dan hak seperti PNS selama menjabat. Data iuran peserta yang menunggak perdesa/kelurahan telah diserahkan kepada Camat  di wilayah Kabupaten Purwakarta.

“Melalui pemberian data tersebut diharapkan Kepala Desa dan Lurah dapat membantu terselenggaranya program strategis nasional dengan menghimbau masyarakatnya untuk sesegera mungkin dapat melunasi tunggakan iuran melalui channel pembayaran yang tersedia atau melalui Kader JKN. Dengan demikian, Program JKN-KIS dapat terus berjalan secara berkesinambungan dan memberi manfaat bagi seluruh masyarakat di Indonesia” tutur Kepala Kabupaten Purwakarta BPJS Kesehatan, Adiwan Qodar.

Diharapkan dengan turut berpartisipasinya APDESI dalam menyukseskan Program JKN-KIS, warga masyarakat menjadi semakin sadar akan setiap kewajibannya sebagai Peserta JKN-KIS, yaitu dengan rutin membayar iuran setiap bulannya.

Laporan : RedSinfo

Print Friendly, PDF & Email
banner 325x300
banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *